OBSERVASI PERBANDINGAN PERKEMBANGAN BALITA
ATAU ANAK-ANAK YANG MENDAPAT KAN PERLAKUAN BAIK DENGAN YANG MENDAPATKAN
PERLAKUAN TIDAK BAIK/ BURUK
a. PERKEMBANGAN BALITA ATAU
ANAK-ANAK YANG MENDAPATKAN PERLAKUAN TIDAK BAIK/ BURUK
KEGIATAN YANG DIOBSERVASI
|
TINGKAT PENILAIAN
|
||||||||
TINGGI
|
SEDANG
|
RENDAH
|
|||||||
7
|
8
|
9
|
4
|
5
|
6
|
1
|
2
|
3
|
|
Seringnya dicuekin
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
Terlalu banyak dimarahi
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
Di juluki perkataan yang buruk
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Dipukul
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
Dibentak
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dimaki/ caci
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
Sering dilarang
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. PERKEMBANGAN BALITA ATAU
ANAK-ANAK YANG MENDAPAT KAN
PERLAKUAN BAIK
KEGIATAN YANG DIOBSERVASI
|
TINGKAT PENILAIAN
|
||||||||
TINGGI
|
SEDANG
|
RENDAH
|
|||||||
7
|
8
|
9
|
4
|
5
|
6
|
1
|
2
|
3
|
|
Diberi perhatian yang maksimal
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disanjung/ dipuji
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
Di belai
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
Di beri ciuman
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
Digendong
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
Sering dituruti keinginannya
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. INTERPRETASI KESELURUHAN
Dari
hasil observasi yang telah dilakukan dapat dipaparkan bahwa pada anak atau
balita yang mendapatkan perlakuan tidak baik oleh orangtuanya terutama oleh
ibunya memiliki perilaku yang berbeda dengan anak yang lainnya yaitu cengeng,
nakal, bandel, susah diatur dan perilaku-perilaku yang tidak sesuai lainnya.
Sedangkan pada anak atau balita yang
mendapat perlakuan baik dari orangtuannya terutama oleh ibunya mempunyai
sikap yang wajar/ baik diantaranya baik, penurut, lancang, tidak cengeng,
ceria, pinter ngomong dan menggemaskan. Jadi jelaslah menurut observasi yang
telah saya lakuakan terhadap kedua balita atau anak yang mendapatkan perlakuan
berbeda dari orangtuanya dan lingkungan sangatlah berbeda perilaku yang
dihasilkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar