Pencarian

Selasa, 03 Juli 2012

Manajemen Stres


Stres
Stres tidak selalu merugikan, stres sebenarnya dapat juga merupakan faktor yang menumbuhkan motivasi. Kita bisa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan akal sehat kedalam praktek yang sehat.
Fakta-fakta mengenai stres menunjukkan bahwa:
  • Paling sedikit 65% orang Australia tidak tahu bagaimana menangani stres
  • Stres dapat menjadi motivator yang penting
  • Stres berlebihan sangat melemahkan
  • Kita harus mengaplikasikan akal sehat kedalam praktek yang sehat
  • Kitalah yang bertanggung jawab terhadap bagaimana stres mempengaruhi kita
  • Stres yang berlebihan dapat menyebabkan masalah dan gejala fisik
  • Stres dapat menyebabkan tragedi-tragedi besar

Stres sama seperti tantangan lain dalam hidup, stres harus dihadapi dengan kepala tegak. Oleh karena itu kita harus memahami stres dan bagaimana stres mempengaruhi kita. Yaitu dengan menuasai stres dengan menggunakan teknik-teknik penurunan stres, pengendalian stres dan pemeliharaan stres yang efektif.

Stres adalah gangguan pada tubuh dan pikiran yang disebabkan oleh berbagai tuntutan dan perubahan dalam hidup. Stres dipengaruhi baik oleh lingkunagn maupun oleh cara seseorang menghadapai lingkungan.
            Reaksi yang diberikan terhadap stres sangat berbeda-beda, beberapa orang mungkin sangat adaptif sedangkan yang lainnya menyimpang.
            Ada dua tingkatan faktor penyebab stres yaitu penyebab makro yakni peristiwa-peristiwa besar dala hidup dan penyebab mikro yakni peristiwa-peristiwa kecil setiap hari oleh karena itu kita harus mempunyai toleransi terhadap stres.

            Peristiwa-peristiwa dalam hidup kita dapat dikelompokan kedalam kategori “dapat dikendalikan” atau “tidak dapat dikendalikan” dan “penting atau tidak penting”.
            Bidang-bidang utama penyebab stres potensial adalah pekerjaan/ pelajaran/ tugas-tugas rumah tangga; keluarga; masyarakat, teman/ komunitas; karakteristik personal/ kepribadian. Sehingga kita harus senantiasa mewaspadai faktor penyebab stres yang berbahaya.

            Penting sekali bagi kita mengenal tanda-tanda dan gejala stres dalam diri kita. Karena setiap orang dapat menunjukkan tanda-tanda dan gejala stres yang berbeda jika berhadapan dengan stres yang sama. Jika reaksi kita tidak tepat, maka kita mungkin justru akan memperparah gejala-gejala tersebut. Stres psikologi dapat memicu gejala-gejala fisik. Sistem-sistem utama dalam tubuh kita seperti sistem saraf otonomik, endocrine dan sistem kekebalan tubuh bisa dipengaruhi oleh stres.
Penting sekali untuk kita dapat mengenali pengaruh stres pada perilaku, sikap/ proses berpikir, emosi/ perasaan, kesehatan fisik/ fisiologis.
            Kurva kamin menjelaskan hubungan antara stres, tekanan dan produktivitas yaitu jikan terlalu banyak stres maka produktivitas kita akan rendah begitupun juga jika terlalu sedikit stres, dan zone yang paling menyenangkan dari stres adalah produktivitas yang tinggi.
             Peristiwa-peristiwa dalam hidup dapat dikelompokan ke dalam empat kategori yaitu, penting dan dapat dikendalikan; penting dan tidak dapat dikendalikan; tidak penting dan dapat dikendalikan; tidak penting dan tidak dapat dikendalikan.
            Solusi yang tepat dalam menghadapi apa pun penyebab stres yang potensial dalam hidup yakni kita harus memiliki kemampuan untuk menyadari, menerima, untuk menghadapi dan memiliki kemampuan untuk mengambil tindakan.

             Kita harus melatih pikiran kita karena yang terpenting dalam hidup bukanlah peristiwa-peristiwanya tetapi apa yang kita katakan kepada diri kita tentang peristiwa tersebut.
            Kepala kita adalah tempat di mana pengalaman-pengalaman hidup dan harapan kita tersimpan (bank memori). Dari tempat penyimpanan tersebut kita mengembangkan keyakinan, nilai dan cara-cara mempertimbangkan dan menginterpretasikan berbagai peristiwa dalam hidup. Ada 10 keyakinan irasional yang populer, yakni:
  1. saya harus dicintai, atau paling tidak disukai dan diterima oleh semua orang yang saya temui
  2. saya harus mahir, tidak membuat kesalahan dan bisa mencapai apa pun, jika saya ingin menjadi baik.
  3. beberapa orang berperilaku jelek, curang dan jahat dan karenanya mereka harus dipersalahkan dan dihukum.
  4. mengerikkan sekali, lanit rasanya runtuh, jika hal-hal yang terjadi tidak sesuai dengan yang saya harapkan.
  5. ketidakbahagisaan manusia, termasuk saya, disebabkan oleh faktor-faktor yang berada di luar kemampuan saya untuk mengendalikanya, karena itu hampir tdak ada yang bisa kita lakukan disini.
  6. jika ada yang menimbulkan bahaya, tidak mnyenangkan atau menakutkan, maka saya seharusnya sangat menghawatirkannya.
  7. lebih m udah membiarkan hal-hal yang tidak menyenagkan dari pada berusaha menghadapinya.
  8. saya membutuhkan bantuan orang yang lebih kuat dari saya sebagai tempat bergantung.
  9. problem-problem saya sudah ada sejak masa lalu, dan karena itu sekarang saya terus menghadapi problem tersebut.
  10. saya seharusnya merasa tertekan karena problem dan kesulitan orang lain.

 Dan 8 cara berpikir yang menyimpang, yakni:
  1. filter – melihat dunia dengan kacamata gelap
  2. generalisasi yang berlebihan – menarik suatu kesimpulan umum hanya berdasarkan satu atau dua keterangan.
  3. memandang suatu peristiwa sebagai malapetaka – mengharap terjadinya hal-hal yang buruk
  4. cara berpikir yang emosional – yakin bahwa yang dirasakan akan menjadi kenyataan.
  5. merasa selalu benar – semua hal yang kita katakan atau lakukan adalah benar
  6. menyalahkan pihak lain dan diri sendiri – membebankan tanggung jawab atas sakit hati dan ketidak bahagiaan kepada orang lain dan diri sendiri.
  7. seharusnya dan semestinya – seolah-olah ada suatu aturan yang mendukungnya
  8. sindrom martir (pengorbanan) – kita berharap agar seluruh pengorbanan kita mendapatkan imbalannya, sehingga kita sangata merasa menderitajika tidak mendapatkan imbalan tersebut.

Adapun teknik penghentian pikiran dan pengalihan pikiran agar tetap, yakni:
-        flieksibel; mengumpulkan fakta sebanyak mungkin dan tidak hanya menggunmakan satu sudut pandang saja.
-        Adaptif; memiliki kemampuan dan kemauan untuk mengubah diri dan tidak menolak gagasan baru.
-        Rasional; selalu berusaha mempertahankan perspektif suatu peristiwa, tidak ada yang seharusnya atau semestinya.
-        Positif; yakin bisa dalam mengatasi masalah.
-        Berorientasi solusi; berpikir bagaimana untuk mengatasi masalah tanpa menimbulkan permusuhan atau mencari kambing hitam.

Mengingat manfaat yang diperoleh dari efisiensi sikap:
Lebih mampu mengendalikan diri, harga diri yang lebih tinggi, lebih sedikit gejala stres, prestasi, fokus yang positif, kebahagiaan, kemampuan mengendalikan arah
hidup.

Relaksasi adalah sebuah cara untuk memperoleh pikiran yan tenang dan tubuh yang santai. Ada dua macam relaksasi yakni relaksasi aktif dan relaksasi pasif. Relaksasi pasif umumnya hanya memerliukan energi yang sangat sedikit kalaupun ada dan dapat dilakukan dengan duduk atau berbaring. Sedangkan relaksasi aktif membutuhkan energi atau usaha yang lebih besar, seperti olah raga.
            Manfaat pada relaksasi pasif adalah meningkatkan konsentrasi dan mempertajam pikiran; membuat tidur lebih enak; meningkatkan koordinasi, ketepatan waktu dan keseimbangan; merasa lebih sehat, lebih bahagia, dan lebih bergairah; membantu kita dalam menghadapi sakit dan ketidaknyamanan.
            Adapun relaksi singkat yang dirancang untuk dapat dipergunakan kapan saja, dan hanya membutuhkan waktu dua sampai sepuluh menit. Langkah-langkah dalam teknik ini adalah sebagai berikut:
-        Duduk atau berbaring dengan pososo yang nyaman, longgarkan pakaian yang ketat dan lepaskan kaca mata.
-        Jika sudah cukup nyaman, pejamkan mata dan biasakan mata dengan kegelapan. Kemudian mulailah melemaskan semua otot seperti balon kempes dan kemudian pusatkan perhatian anda pada pernafasan tubuh.
-        Jika sudah siap, tarik nafas yang dalam dan kemudian hembuskan seolah-olah melepaskan semua kecemasan. Pada waktu hembuskan nafas, ucapkan lah kata “santai”, tersenyumlah dan biarkan otot-otot mulai dari dahi hingga kaki santai dan semakin santai.
-        Lakukan langkah ini selama tiga kali
-        Sekarang kembali bernafas secara normal tetapi teruslah mengucapkan kata santai ketika menghembiskan nafas tetaplah tersenyum dan terus membiarkan otot-otot lepas dan santai. Pertahankan selama beberapa menit.
-        Gunakan apa yang disebut dengan angan-angan terarah atau visualisasi, bayangkan diri sedang berbaring ditempat yang menyenangkan seperti pantai, taman ataua tepi sungai dan merasa sangat santai, sangat menyenangkan dan sangat menguasai diri. Pertahankan situasi ini selama beberapa menit.
-        Sebelum membuka mata, gunakan beberapa kata kepada diri, pertanyaan seperti jika saya membuka mata saya akan tetap santai siap untuk melanjutkan aktivitas hari ini. Saya penting untuk diperhatikan.
-        Perlahan-lahan, bukalah mata, biasakan dengan cahaya, duduk dengan tegak dan mulailah kembali aktivitas.

Selanjutnya ada teknik circuit breaker dan koridor stres yaitu teknik-teknik yang singkat dan efektif untuk mengeluarkan udara dari balon tersebut, teknik ini sangat mudah hampir tidak memerlukan banyak biaya dan waktu. Beberapa teknik circuit breker dan koridor stres adalah sebagai berikut:
1.     pernafasan dalam- menarik nafas dalam-dalam dan perlahan kemudian menghembuiskannya, lakukan ini dua atau tiga kali.
2.     mandi- santai di dalam bak mandi yang berisi air hangat, minyaki tubuh anda jika perlu.
3.     tertawa- inilah satu-satunya circuit breker terbaik yang kita miliki. Lihatlah sisi lucu dari kehidupan ini. Sewa video komedi, atau nontonlah film-film komedi.
4.     pijat- ini adalah cara yang menyenangkan untuk keluar dari tekanan fisik.
5.     membaca- peredam emosi yang luar biasa untuk jangka pendek.
6.     kecanduan positif- lakukan sesuatu yang anda sukai secara teratur, seperti pergi ke pantai, berkunjung, melukis.
7.     istirahat yang teratur- beristirahatlah secara teratur pada jam-jam kerja atau pekerjaan yang tekuni dalam periode waktu yang relatif lama.
8.     ngobrol- luangkan waktu untuk mengekspresikan perasaan kepada orang lain, hal-hal yang tersimpan di dalam hati dapat bersifat merusak.

Perbedaan teknik pengendalian stres dan teknik penurunan dan pemeliharaan stres yaitu:
Teknik pengendalian stres;
-        penghentian dan pengalihan pikiran
-        skala catastrophe
-        teknik-teknik relaksasi singkat
-        keluar dari lingkungan dan koridor stres.

Teknik penurunan dan pemeliharaan stres;
-        gaya hidup yang seimbang
-        keterampilan komunikasi
-        pemecahan masalah dan pengambilan keputusan
-        manajemen waktu yang efektif
-        keterampilan mengatasi konflik
ada empat bidang yang perlu dijaga keseimbangannya yaitu pekerjaan, keakraban, sosial, kesenangan dan rekreasi.
Tindakan-tindakan yang penting untuk mencapai keseimbangan adalah yang berhubungan dengan makanan, alkohol, kopi/ teh, rokok/ nikotin, dan tidur. Berolah ragalah lima kali seminggu untuk mendapatkan manfaat psikologis. Intensitas jumlah waktu untuk berolah raga juga sangat pentinguntuk dipertmbangkan. Selanjutnya yaitu komunikasi dengan orang lain, yaitu dengan menjadi pendengar yang baik, berbicara secara efektif dengan orang lain, sebelum atau selama dan sesudah adalah tahap-tahap yang penting dalam berkomunikasi.
            Kembangkan keterampilan penyelesaikan konflikyang efektif. Gunakan sepuluh langkah untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan, yakni definisikan masalah yang sedang dihadapi, bagaimanakah perasaan ketika menghadapi masalah tersebut, santailah, istirahatlah sebentar dan cobalah untuk tidak berpikir tentang solusi untuk sementara waktu, pertimbangkanlah semua kemungkinan solusi, bagaimana jika ada orang yang dapat memecahkan masalah ini, pertimbangan baik-buruknya solusi, susunlah daftar solusi dimulai dari yang sederhana sampai yang kompleks, buatlah pilihan mengenai solusi mana yang akan dipilih, pertimbangkanlah sejenak aspek-aspek positif dari memiliki problem, implementasikan pilihan solusi dan buat rencana tindakan untuk melaksanakan pilihan yang telah dibuat. Tetapkan tujuan dan aturlah waktu secara efektif.

Pembawa stres sangat sulit untuk hidup bersama orang karena mereka itu, tidak punya motovasi, negatif dan pesimis, cenderung menimpakan kesalahan pada orang lain, defensif, gelisah, suka menunda pekerjaan/ keputusan, frustasi.
            Dan cara agar tidak menjadi pembawa stres bagi orang lain, maka kita harus:
-        mengembangkan sikap-sikap yang positif dan beroriantasi solusi
-        memiliki toleransi
-        menyediakan waktu bagi orang lain
-        merencanakan hal-hal yang menggembirakan bersama orang lain
-        memiliki kemampuan berkomunikasi secara terbuka dan jujur
-        mengkritik perilaku bukan manusianya
-        selalu memberi pujian
-        antusias dan bergairah dalam hidup
-        tetap fleksibel dan adaptif
-        punya perasaan memiliki dalam keputusan yang dibuat
-        bertanggung jawab tidak menyalahkan diri sendiri atas kealahan-kesalahan yang terjadi
-        berkeinginan mempelajari hal-hal yang baru
-        melihat manfaat dari perubahan
-        secara teratur melatih diri dalam teknik-teknik pengendalian stres dan penurunan stres
-        melakukan yang terbaik dalam segala aktivitas.
ANDA BERHASIL JIKA
Indikator keberhasilan
Ø  kedamaian: merupakan salah satu tanda bahwa anda sedang berada dipuncak segalanya dan bahwa anda dapat mengendalikan stres anda.
Ø  Efektivitas: kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas secara efektif tanpa diganggu oleh hal-hal lain atau perasaan kita juga merupakan indikator keberhasilan.
Ø  Kepercayaan: apakah orang lain percaya pada kita? Orang lain akan membentuk citra mengenai diri kita sebagai orang yang dapat memberikan solusi terbaik dalam hal apa pun. Jika kita menyebutkan batas waktu maka batas waktu harus ditepati agar kita dapat dipercaya.
Ø  Kemandirian: tidak bergantung kepada orang lain yang lebih kuat dari kita, mampu menghadapi berbagai perubahan dalam hidup tanpa perlu memilah-milahnya.
Ø  Relasi: kemampuan kita untuk mengembangkan dan mempertahan kan relasi-relsi penting dengan orang lain.
Ø  Toleransi: kemampuan untuk menghadapi ketidapastian hidup dan kemampuan untuk bertekun pada hal-hal tertentu.
Ø  Humor: kemampuan untuk tertawa dengan orang lain, bersama diri sendiri, bersama hal-hal lain yang sangat penting dalam hidup kita. Tertawa dapat membebaskan hidup kita dari otot-otot yan tegang dan bahwa senyuman lebih mampu mencegah ketegangan otot dibandingkan dengan wajah yang muram. Humor adalah tanda bahwa anda dapat mengatasi stres dengan baik.
Ø  Harga diri: yaitu persoalan menyukai diri sendiri, dapat menerima diri sendiri apa adanya menerima kekurangan dan kelebihan serta bangga pada diri kita setiap kita melakukan usaha secara berhasil..
Ø  Perubahan: kita mempu mempertahankan perspektif suatu peristiwa dan melihat manfaat dari perubahan serta kerugian dari tidak adanya perubahan, merasa bergairah dan tertantang untuk mencoba hal-hal yang baru.
Ø  Dialog internal (berbicara kepada diri sendiri): yaitu apa yang kita katakan kepada diri kita secara fleksibel, adaptif, rasional, positif dan berorientasi solusi.

Karakteristik dari seorang pembawa stres yaitu pesimis dan negatif, suka mencari kambing hitam, sedikit sekali rasa tanggung jawabnya, menggunakan teknik pengendalian stres yang menyimpang, tergantung, agresif dan abusif, defensif, tidak seimbang dalam gaya hidupnya. Cara menghadapi orang yang mempunyai karakteristik seperti itu antara lain:
-        anda harus tegas; pastikan kepentingan anda terpenuhi dan tetapkan batasan-batasannya.
-        Berlatihlah dengan teknik-teknik pengendalian stres yang efektif.
-        Pern penolong adalah sangat konstruktif.
-        Berhati-hatilah aga tidak menjadi korban atau mengambil peran ‘jaksa penuntut’

Sumber bantuan yang dapat diandalkan untuk membantu dalam mengatasi stres yaitu,
diantaranya:
v Memilih konselor
v Memilih psikolog
v Kursus, loka karya dan seminar-seminar tentang pengendalian stres
Disini anda bisa mendapatkan saran yang bersifat pribadi dan bantuan lain yang berhubungan dengan problem pribadi atau masalah pekerjaan.
v Darurat
Jika dalam keaadaan genting di tengah malam, maka pelayanan seperti Lifeline merupakan sumber dukungan dan bantuan yang sangat bagus.
v Obat-obatan
Obat dengan resep dokter untuk stres mungkin hanya akan efektif dalam jangka pendek. Namun jika digunakan untuk periode lama maka ada bahaya ketergantungan fisiologis dan psikologis terhadap obat-obatan tersebut. Jika dokter atau psikiater memberiikan obat untuk mengatasi stres diskusikanlah terlebih dahulu dengan mereka dan hubungilah psikolog klinis yang dapat membantu anda dalam menerapkan teknik self-helf.
v Psikoanalisis jangka panjang
Secara umum, psikoanalisis jangka panjang hanya menghambur-hamburkan waktu, energi dan uang. Masih banyak teknik-teknik lain yang membantu orang-orang stres jauh lebih efektif.
v Orang-orang pinggiran
Selalu ada orang yang ingin mendapatkan uang dari orang –orang yang secara emosional menderita. Beberpa dari mereka mungkin memang berkemampuan, tetapi yang lain umumny gadungan. Banyak teknis yang mereka gunakan, antara lain psikoanalisis jangka panjang, yang dapat menimbulkan ketergantungan kepada mereka. Beberapa teknik yang digunakan orang pinggiran ini dapat sangat berbahaya, pastikan bahwa anda sudah teliti sebelum menggunakan jasa mereka.



ANALISIS

STRES TIDAK SELALU MERUGIKAN
Stres tidak selalu merugikan, stres sebenarnya dapat juga merupakan faktor yang menumbuhkan motivasi. Kita bisa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan akal sehat kedalam praktek yang sehat.
Fakta-fakta mengenai stres menunjukkan bahwa:
  • Paling sedikit 65% orang Australia tidak tahu bagaimana menangani stres
  • Stres dapat menjadi motivator yang penting
  • Stres berlebihan sangat melemahkan
  • Kita harus mengaplikasikan akal sehat kedalam praktek yang sehat
  • Kitalah yang bertanggung jawab terhadap bagaimana stres mempengaruhi kita
  • Stres yang berlebihan dapat menyebabkan masalah dan gejala fisik
  • Stres dapat menyebabkan tragedi-tragedi besar
Stres sama seperti tantangan lain dalam hidup, stres harus dihadapi dengan kepala tegak. Oleh karena itu kita harus memahami stres dan bagaimana stres mempengaruhi kita. Yaitu dengan menuasai stres dengan menggunakan teknik-teknik penurunan stres, pengendalian stres dan pemeliharaan stres yang efektif.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN STRES?
Stres adalah gangguan pada tubuh dan pikiran yang disebabkan oleh berbagai tuntutan dan perubahan dalam hidup. Stres dipengaruhi baik oleh lingkungan maupun oleh cara seseorang menghadapai lingkungan.Reaksi yang diberikan terhadap stres sangat berbeda-beda, beberapa orang mungkin sangat adaptif sedangkan yang lainnya menyimpang.
Stres adalah cara tubuh kita bereaksi terhadap ketegangan, kegelisahan, dan tugas-tugas berat yang harus dihadapi sehari-hari. Istilah stres mengacu pada kondisi tubuh yang menjadi tegang saat berusaha menyesuaikan diri dengan aktivitas sehari-hari yang berat.
Stres merupakan kondisi jiwa dan raga, fisik dan psikis seseorang yang tidak berfungsi secara normal, dan bisa terjadi setiap saat terhadap setiap orang tanpa mengenal jenis kelamin, usia, kedudukan, jabatan, ataustatus sosial ekonomi tetapi stres adalah hidup. Tidak ada hidup tanpa stress. Hidup tanpa stres sama dengan mati. Stress adalah temanyang senantiasa ada bersama-sama kita. Oleh karena itu, jangan takut pada stres. Kecemasan dan penderitaan adalah kekuatan yang suatu waktu membuat beberapa diantara kita terjatuh, namun hal tersebut penting bagi kehidupan. Ketika kita merasakan ancaman atau tantangan fisik maupun psikologis, itu berarti kita sedang dibawah genggaman stres.
            Ada dua tingkatan faktor penyebab stres yaitu penyebab makro yakni peristiwa-peristiwa besar dalam hidup dan penyebab mikro yakni peristiwa-peristiwa kecil setiap hari oleh karena itu kita harus mempunyai toleransi terhadap stres.
Juvenile Delinquency merupakan stress remaja. Juvenile Delinquency adalah perilaku atau kenakalan remaja dan merupakan gejala sakit sosial yang terjadi pada diri orang pada usia kanak-kanak serta remaja sebagai akibat dari satu bentuk pengabaian sosial, yang akhirnya mereka itu mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang.

DARIMANA STRES BERASAL?
            Peristiwa-peristiwa dalam hidup kita dapat dikelompokan kedalam kategori “dapat dikendalikan” atau “tidak dapat dikendalikan” dan “penting atau tidak penting”.
Bidang-bidang utama penyebab stres potensial adalah pekerjaan/ pelajaran/ tugas-tugas rumah tangga; keluarga; masyarakat, teman/ komunitas; karakteristik personal/ kepribadian. Sehingga kita harus senantiasa mewaspadai faktor penyebab stres yang berbahaya. Bermalas-malasan juga dapat menimbulkan stres, karena menimbulkan kondisi ketidakseimbangan otonom dan berakibat terjadinya stres. Dengan kata lain, kondisi relaksasi (dominasi parasimpatis), jika tidak diimbangi dengan adanya aktivitas, juga akan menjadi tidak bermanfaat, dan berakibat menimbulkan rasa malas, sikap pasif, penarikan diri, dan depresi.

Pada dasarnya pemicu stres mempengaruhi kita dari sudut-sudut berikut :
·        Citra diri  dan Kepribadian yang ditunjukan
Banyak orang yang menjadikan dirinya sebagai subyek stres dengan mengambil dan memelihara pola-pola negatif dalam perilaku, kebiasaan-kebiasaan, jawab atas pengambilan semua kekuatan-kekuatan negatif selama hidup. Karena kita sebagai pribadi yang bertanggung jawab maka kita memegang kendali penuh atas hal-hal tersebut, aktivitas-aktivitas, kewajiban-kewajiban dan komunikasi-komunikasi antar pribadi mereka dengan orang lain. Percaya atau tidak, kita sendiri yang bertanggung jawab terhadap stres yang kita alami. Kita sendiri yang bertanggung dengan demikian berarti kita juga dapat membuangnya.
·        Lingkungan emosi dan lingkungan mental
Yang kedua melalui lingkungan emosi dan lingkungan mental yang mengandung arti bagaimana menghubungkan diri dengan penyebab-penyebab eksternal. Kita mengalami stress pada tingkat pribadi karena kita selalu beraksi negatif terhadap situasi-situasi. Gaya hidup dan lingkungan memiliki berlapis-lapis respon negatif pada diri kita. Tubuh beraksi negatif terhadap ketidakstabilan emosi. Kita mengalami penderitaan karena emosi-emosi negatif kita dilibatkan ketika kita beraksi terhadap situas-situasi. Betapa banyak waktu dimana kita mengalami kepedihan, sakit kepala dan sakit hati yang mengikuti ledakan kemarahan. Hal itu adalah reaksi negatif tubuh terhadap kestabilan emosi. Contoh : lingkungan yang dingin, lembab, bising, dan polusi yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan sehingga menimbulkan stres.

·       Penyebab fisik
a.      Makanan yang salah, misalnya makan gula atau garam yang terlampau banyak, bisa merangsang saraf simpatis.
b.     Pernapasan yang salah
c.      Postur tubuh yang salah
d.     Penyakit, contoh bila kita memiliki penyakit yang kronis atau sukar disembuhkan itu juga akan menyumbang stress.
e.      Berbicara secara berlebihan

APA TANDA-TANDA, GEJALA  DAN PENGARUH STRES?
Penting sekali bagi kita mengenal tanda-tanda dan gejala stres dalam diri kita. Karena setiap orang dapat menunjukkan tanda-tanda dan gejala stres yang berbeda jika berhadapan dengan stres yang sama.
Tanda-tanda fisik adanya stres yaitu, menggigit kuku, mengepalkan tangan, merapatkan rahang, mengetuk-ngetukkan jari pada kursi atau meja, mengerotkan gigi sewaktu tidur, membungkukkan pundak, kerutan pada dahi dan otot dahi tegang, sering mengeluh atau menguap (menunjukkan stress letargis), napas pendek atau bernapas dengan dada bagian atas, hilang nafsu makan.
Jika reaksi kita tidak tepat, maka kita mungkin justru akan memperparah gejala-gejala tersebut. Stres psikologi dapat memicu gejala-gejala fisik. Sistem-sistem utama dalam tubuh kita seperti sistem saraf otonomik, endocrine dan sistem kekebalan tubuh bisa menjadi lemah karena dipengaruhi oleh stres.
Gejala dan sakit fisik yang disebabkan oleh stres adala sebagai berikut: pada rambut akan terjadi kerontokan; kulit menjadi iritasi, kusam dan psoriasis; pada sistem pencernaan akan menyebabkan gastritis, usus buntu, sembelit, diare dan kolitis; pada sistem kekebalan meningkatnya frekuensi infeksi, demam, sakit tenggorokan, rentang terhadap penyakit-penyakit serius seperti kanker dan sklerosis multiplek; pada sistem saraf konsentrasi mudah terganggu, mudah lupa, dan batin kurang jernih; pada mulut biasanya luka di sudut mulut karena demam; pada sistem kardlovaskular, denyut jantung meningkat, tekanan darah tinggi, dan resiko serangan jantung; pada otot tegang, kaku dan kedutan; dan yang terakhir pada sistem reproduksi yaitu terlambat menstruasi, kesulitan orgasme, impotensi, ejakulasi dini, dasrat seksual tertekan.
Berikut beberapa contoh penyakit yang umumnya disebabkan oleh stres. Bisa dikatakan 80% penyakit disebabkan oleh stres. Penyakit yang diakibatkan oleh stres biasa disebut penyakit psikosomatis: (1) Asma (2) Sakit punggung (3) Gangguan pencernaan, perlukaan pada lambung, diare (4) Sakit kepala, migren (5) Spondilitis (radang tulang belakang) (6) Hipertensi (7) Radang sendi, rematik (8) Kencing manis (9) Ketegangan otot (10) Berbagai gangguan mental.
Oleh karena itu stres juga dapat memberikan berbagai dampak pada penampilan dan perilaku, yaitu:
1.     Meninggalkan tugas penting dalam keadaan belum selesai sampai detik terakhir, lalu panik dan akhirnya tidak mampu menyelesaikannya.
2.     Membiarkan waktu tidak cukup untuk melanjutkan bekerja dan membuat janji penting.
3.     Bekerja dan membaca sambil makan.
4.     Tidak bisa duduk tenang.
5.     Kehilangan rasa humor.
6.     Bereaksi dengan gugup dan marah.
7.     Susah tidur (insomnia)
            Kurva kamin menjelaskan hubungan antara stres, tekanan dan produktivitas yaitu jika terlalu banyak stres maka produktivitas kita akan rendah begitupun juga jika terlalu sedikit stres, dan zone yang paling menyenangkan dari stres adalah produktivitas yang tinggi. Sehingga sangat penting bagi kita untuk dapat mengenali pengaruh stres pada perilaku, sikap/ proses berpikir, emosi/ perasaan, kesehatan fisik/ fisiologis.

DAPATKAH STRES DIKENDALIKAN?
             Peristiwa-peristiwa dalam hidup dapat dikelompokan ke dalam empat kategori yaitu, penting dan dapat dikendalikan; penting dan tidak dapat dikendalikan; tidak penting dan dapat dikendalikan; tidak penting dan tidak dapat dikendalikan.
            Solusi yang tepat dalam menghadapi apa pun penyebab stres yang potensial dalam hidup yakni kita harus memiliki kemampuan untuk menyadari, menerima, untuk menghadapi dan memiliki kemampuan untuk mengambil tindakan yaitu dengan:
  1. Kenali diri kita sendiri dengan lebih baik. Cari sikap-sikap dan kebiasaan-kebiasaan tidak menyenangkan yang kita miliki.
  2. meningkatkan ciri-ciri positif yang telah kita miliki
  3. euphostress yaitu mengalami stress yang menyenangkan. Stress menyenangkan akan memberi kita rasa keberhasilan dan kegembiraan. Kita akan merasakan percepatan dalam diri kita
  4. Telusuri perjalanan hidup dengan keyakinan. Ini adalah salah satu cara untuk melintasi cahaya dan mengalahkan semua rintangan. Apapun stres yang menyebabkan kebiasaan-kebiasaan, kita harus selalu memiliki keyakinan dalam diri kita. Kita dapat mengubah stress-sters tersebut menjaid lebih baik, dan perubahan itu akan memberikan manfaat-manfaat jangka panjang bagi kita.
  5. Salah satu cara untuk memegang kendali penuh atas pikiran kita, dan menjaganya tetap kuat dan positif adalah dengan memiliki keyakinan dalam diri kita. Hal ini akan membuat kita memegang kendali terus menerus dalam hidup kita.
  6. Mengalahkan sikap negatif adalah memperkuat pikiran kita dan cara berpikir kita. Ketika faktor-faktor negatif dan penyebab stres masuk ke pikiran kita, gantikan hal-hal tersebut dengan emosi-emosi positif.
  7. Mulailah untuk kembai mempelajari kehidupan dengan kesadaran alami. Lihatlah sekitar kita. Belajarlah menghargai hal sekecil apapun yang membuat kita senang dan bahagia.
  8. Telusuri perjalanan hidup dengan keyakinan. Inilah satu-satunya yang menjadi penerang sepanjang perjalanan kita dan penakluk semua rintangan-rintangan.
  9. Jangan pernah melarikan diri dari permasalahan-permasalahan, karena jika kita melakukan itu, suatu hari permasalahan-permasalahan tersebut akan menghantui kita.

MENGEMBANGKAN SIKAP EFISIENSI
             Kita harus melatih pikiran kita karena yang terpenting dalam hidup bukanlah peristiwa-peristiwanya tetapi apa yang kita katakan kepada diri kita tentang peristiwa tersebut.
            Kepala kita adalah tempat di mana pengalaman-pengalaman hidup dan harapan kita tersimpan (bank memori). Dari tempat penyimpanan tersebut kita mengembangkan keyakinan, nilai dan cara-cara mempertimbangkan dan menginterpretasikan berbagai peristiwa dalam hidup. Ada 10 keyakinan irasional yang populer, yakni:
  1. saya harus dicintai, atau paling tidak disukai dan diterima oleh semua orang yang saya temui
  2. saya harus mahir, tidak membuat kesalahan dan bisa mencapai apa pun, jika saya ingin menjadi baik.
  3. beberapa orang berperilaku jelek, curang dan jahat dan karenanya mereka harus dipersalahkan dan dihukum.
  4. mengerikkan sekali, lanit rasanya runtuh, jika hal-hal yang terjadi tidak sesuai dengan yang saya harapkan.
  5. ketidakbahagisaan manusia, termasuk saya, disebabkan oleh faktor-faktor yang berada di luar kemampuan saya untuk mengendalikanya, karena itu hampir tdak ada yang bisa kita lakukan disini.
  6. jika ada yang menimbulkan bahaya, tidak mnyenangkan atau menakutkan, maka saya seharusnya sangat menghawatirkannya.
  7. lebih m udah membiarkan hal-hal yang tidak menyenagkan dari pada berusaha menghadapinya.
  8. saya membutuhkan bantuan orang yang lebih kuat dari saya sebagai tempat bergantung.
  9. problem-problem saya sudah ada sejak masa lalu, dan karena itu sekarang saya terus menghadapi problem tersebut.
  10. saya seharusnya merasa tertekan karena problem dan kesulitan orang lain.

 Dan 8 cara berpikir yang menyimpang, yakni:
  1. filter – melihat dunia dengan kacamata gelap
  2. generalisasi yang berlebihan – menarik suatu kesimpulan umum hanya berdasarkan satu atau dua keterangan.
  3. memandang suatu peristiwa sebagai malapetaka – mengharap terjadinya hal-hal yang buruk
  4. cara berpikir yang emosional – yakin bahwa yang dirasakan akan menjadi kenyataan.
  5. merasa selalu benar – semua hal yang kita katakan atau lakukan adalah benar
  6. menyalahkan pihak lain dan diri sendiri – membebankan tanggung jawab atas sakit hati dan ketidak bahagiaan kepada orang lain dan diri sendiri.
  7. seharusnya dan semestinya – seolah-olah ada suatu aturan yang mendukungnya
  8. sindrom martir (pengorbanan) – kita berharap agar seluruh pengorbanan kita mendapatkan imbalannya, sehingga kita sangata merasa menderitajika tidak mendapatkan imbalan tersebut.

Adapun teknik penghentian pikiran dan pengalihan pikiran agar tetap, yakni:
-        flieksibel; mengumpulkan fakta sebanyak mungkin dan tidak hanya menggunmakan satu sudut pandang saja.
-        Adaptif; memiliki kemampuan dan kemauan untuk mengubah diri dan tidak menolak gagasan baru.
-        Rasional; selalu berusaha mempertahankan perspektif suatu peristiwa, tidak ada yang seharusnya atau semestinya.
-        Positif; yakin bisa dalam mengatasi masalah.
-        Berorientasi solusi; berpikir bagaimana untuk mengatasi masalah tanpa menimbulkan permusuhan atau mencari kambing hitam.

Mengingat manfaat yang diperoleh dari efisiensi sikap:
Lebih mampu mengendalikan diri, harga diri yang lebih tinggi, lebih sedikit gejala stres, prestasi, fokus yang positif, kebahagiaan, kemampuan mengendalikan arah
hidup.

(MENGELOLA STRES : FISIK YANG PRIMA)
1)     Pengendalian stimulus : Manfaatkan pengaruh lingkungan
Pengaruh lingkungan terhadap perilaku, pikiran, dan perasaan perlu dipertimbangan. Hal terbaik yang dilakukan adalah menjaga setiap kegiatan yang berkaitan dengan belajar dilakukan dalam lingkungan yang semestinya untuk paling tidak menjaga semangat belajarnya, jika tidak memperbesar.
2)     Manajemen waktu
Manajemen waktu adalah kunci utama mengelola stres dan belum dikuasai anak. Ajarkan manajemen waktu kepada anak dengan membantunya membuat jadwal sesuai kegiatannya sehari-hari.
3)     Gaya hidup sehat : Sehat jasmani, Sehat rohani
Salah satu cara terbaik untuk mengelola stres secara efektif adalah memiliki gaya hidup sehat dengan kegiatan yang seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh.
4)     Menghindari perilaku berisiko
Gaya hidup sehat juga berarti menghindari perilaku berisiko seperti mengikuti kegiatan atau permainan berbahaya, misalnya merokok, minum-minum, dan menggunakan zat berbahaya lainnya.
5)     Penangkal stres : Persiapan menghadapi stres
Mempersiapkan diri menghadapi stres juga penting untuk mengelola stres. Ada empat langkah untuk membantu anak melakukannya, seperti :
a)     Bantu anak mengenali situasi yang mungkin akan membuatnya stres
b)     Terapkan teknik pemecahan masalah untuk mencari cara melawan stres
c)     Gunakan contoh perilaku
d)     Jaga keseimbangan dalam gaya hidup

TEKNIK-TEKNIK LAIN DALAM PENGENDALIAN STRES
1.     Relaksasi adalah sebuah cara untuk memperoleh pikiran yan tenang dan tubuh yang santai. Ada dua macam relaksasi yakni relaksasi aktif dan relaksasi pasif. Relaksasi pasif umumnya hanya memerliukan energi yang sangat sedikit kalaupun ada dan dapat dilakukan dengan duduk atau berbaring. Sedangkan relaksasi aktif membutuhkan energi atau usaha yang lebih besar, seperti olah raga.

         Manfaat pada relaksasi pasif adalah meningkatkan konsentrasi dan mempertajam pikiran; membuat tidur lebih enak; meningkatkan koordinasi, ketepatan waktu dan keseimbangan; merasa lebih sehat, lebih bahagia, dan lebih bergairah; membantu kita dalam menghadapi sakit dan ketidaknyamanan.
            Adapun relaksi singkat yang dirancang untuk dapat dipergunakan kapan saja, dan hanya membutuhkan waktu dua sampai sepuluh menit. Langkah-langkah dalam teknik ini adalah sebagai berikut:
-        Duduk atau berbaring dengan pososo yang nyaman, longgarkan pakaian yang ketat dan lepaskan kaca mata.
-        Jika sudah cukup nyaman, pejamkan mata dan biasakan mata dengan kegelapan. Kemudian mulailah melemaskan semua otot seperti balon kempes dan kemudian pusatkan perhatian anda pada pernafasan tubuh.
-        Jika sudah siap, tarik nafas yang dalam dan kemudian hembuskan seolah-olah melepaskan semua kecemasan. Pada waktu hembuskan nafas, ucapkan lah kata “santai”, tersenyumlah dan biarkan otot-otot mulai dari dahi hingga kaki santai dan semakin santai.
-        Lakukan langkah ini selama tiga kali
-        Sekarang kembali bernafas secara normal tetapi teruslah mengucapkan kata santai ketika menghembiskan nafas tetaplah tersenyum dan terus membiarkan otot-otot lepas dan santai. Pertahankan selama beberapa menit.
-        Gunakan apa yang disebut dengan angan-angan terarah atau visualisasi, bayangkan diri sedang berbaring ditempat yang menyenangkan seperti pantai, taman ataua tepi sungai dan merasa sangat santai, sangat menyenangkan dan sangat menguasai diri. Pertahankan situasi ini selama beberapa menit.
-        Sebelum membuka mata, gunakan beberapa kata kepada diri, pertanyaan seperti jika saya membuka mata saya akan tetap santai siap untuk melanjutkan aktivitas hari ini. Saya penting untuk diperhatikan.
-        Perlahan-lahan, bukalah mata, biasakan dengan cahaya, duduk dengan tegak dan mulailah kembali aktivitas.

2.     Teknik circuit breaker dan koridor stres yaitu teknik-teknik yang singkat dan efektif untuk mengeluarkan udara dari balon tersebut, teknik ini sangat mudah hampir tidak memerlukan banyak biaya dan waktu. Beberapa teknik circuit breker dan koridor stres adalah sebagai berikut:
a.      pernafasan dalam- menarik nafas dalam-dalam dan perlahan kemudian menghembuiskannya, lakukan ini dua atau tiga kali.
b.     mandi- santai di dalam bak mandi yang berisi air hangat, minyaki tubuh anda jika perlu.
                       
c.      tertawa- inilah satu-satunya circuit breker terbaik yang kita miliki. Lihatlah sisi lucu dari kehidupan ini. Sewa video komedi, atau nontonlah film-film komedi.
d.     pijat- ini adalah cara yang menyenangkan untuk keluar dari tekanan fisik.
e.      membaca- peredam emosi yang luar biasa untuk jangka pendek.
f.      kecanduan positif- lakukan sesuatu yang anda sukai secara teratur, seperti pergi ke pantai, berkunjung, melukis.
g.     istirahat yang teratur- beristirahatlah secara teratur pada jam-jam kerja atau pekerjaan yang tekuni dalam periode waktu yang relatif lama.
h.     ngobrol- luangkan waktu untuk mengekspresikan perasaan kepada orang lain, hal-hal yang tersimpan di dalam hati dapat bersifat merusak.


CARA PENURUNAN STRES DAN PEMELIHARAAN STRES
Perbedaan teknik pengendalian stres dan teknik penurunan dan pemeliharaan stres yaitu:
Teknik pengendalian stres;
-        penghentian dan pengalihan pikiran
-        skala catastrophe
-        teknik-teknik relaksasi singkat
-        keluar dari lingkungan dan koridor stres.

Teknik penurunan dan pemeliharaan stres;
-        gaya hidup yang seimbang
-        keterampilan komunikasi
-        pemecahan masalah dan pengambilan keputusan
-        manajemen waktu yang efektif
-        keterampilan mengatasi konflik
Ada empat bidang yang perlu dijaga keseimbangannya yaitu pekerjaan, keakraban, sosial, kesenangan dan rekreasi.
Tindakan-tindakan yang penting untuk mencapai keseimbangan adalah yang berhubungan dengan makanan, alkohol, kopi/ teh, rokok/ nikotin, dan tidur. Berolah ragalah lima kali seminggu untuk mendapatkan manfaat psikologis. Intensitas jumlah waktu untuk berolah raga juga sangat pentinguntuk dipertmbangkan. Selanjutnya yaitu komunikasi dengan orang lain, yaitu dengan menjadi pendengar yang baik, berbicara secara efektif dengan orang lain, sebelum atau selama dan sesudah adalah tahap-tahap yang penting dalam berkomunikasi.
Kembangkan keterampilan penyelesaikan konflikyang efektif. Gunakan sepuluh langkah untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan, yakni definisikan masalah yang sedang dihadapi, bagaimanakah perasaan ketika menghadapi masalah tersebut, santailah, istirahatlah sebentar dan cobalah untuk tidak berpikir tentang solusi untuk sementara waktu, pertimbangkanlah semua kemungkinan solusi, bagaimana jika ada orang yang dapat memecahkan masalah ini, pertimbangan baik-buruknya solusi, susunlah daftar solusi dimulai dari yang sederhana sampai yang kompleks, buatlah pilihan mengenai solusi mana yang akan dipilih, pertimbangkanlah sejenak aspek-aspek positif dari memiliki problem, implementasikan pilihan solusi dan buat rencana tindakan untuk melaksanakan pilihan yang telah dibuat. Tetapkan tujuan dan aturlah waktu secara efektif.

BAGAIMANA AGAR KITA TIDAK JADI PEMBAWA STRES BAGI ORANG LAIN
Pembawa stres sangat sulit untuk hidup bersama orang karena mereka itu, tidak punya motovasi, negatif dan pesimis, cenderung menimpakan kesalahan pada orang lain, defensif, gelisah, suka menunda pekerjaan/ keputusan, frustasi.
            Dan cara agar tidak menjadi pembawa stres bagi orang lain, maka kita harus:
-        mengembangkan sikap-sikap yang positif dan beroriantasi solusi
-        memiliki toleransi
-        menyediakan waktu bagi orang lain
-        merencanakan hal-hal yang menggembirakan bersama orang lain
-        memiliki kemampuan berkomunikasi secara terbuka dan jujur
-        mengkritik perilaku bukan manusianya
-        selalu memberi pujian
-        antusias dan bergairah dalam hidup
-        tetap fleksibel dan adaptif
-        punya perasaan memiliki dalam keputusan yang dibuat
-        bertanggung jawab tidak menyalahkan diri sendiri atas kealahan-kesalahan yang terjadi
-        berkeinginan mempelajari hal-hal yang baru
-        melihat manfaat dari perubahan
-        secara teratur melatih diri dalam teknik-teknik pengendalian stres dan penurunan stres
-        melakukan yang terbaik dalam segala aktivitas.

TANDA-TANDA ORANG YANG DAPAT MENGENDALIKAN STRES
Indikator keberhasilan
Ø  kedamaian: merupakan salah satu tanda bahwa anda sedang berada dipuncak segalanya dan bahwa anda dapat mengendalikan stres anda.
Ø  Efektivitas: kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas secara efektif tanpa diganggu oleh hal-hal lain atau perasaan kita juga merupakan indikator keberhasilan.
Ø  Kepercayaan: apakah orang lain percaya pada kita? Orang lain akan membentuk citra mengenai diri kita sebagai orang yang dapat memberikan solusi terbaik dalam hal apa pun. Jika kita menyebutkan batas waktu maka batas waktu harus ditepati agar kita dapat dipercaya.
Ø  Kemandirian: tidak bergantung kepada orang lain yang lebih kuat dari kita, mampu menghadapi berbagai perubahan dalam hidup tanpa perlu memilah-milahnya.
Ø  Relasi: kemampuan kita untuk mengembangkan dan mempertahan kan relasi-relsi penting dengan orang lain.
Ø  Toleransi: kemampuan untuk menghadapi ketidapastian hidup dan kemampuan untuk bertekun pada hal-hal tertentu.
Ø  Humor: kemampuan untuk tertawa dengan orang lain, bersama diri sendiri, bersama hal-hal lain yang sangat penting dalam hidup kita. Tertawa dapat membebaskan hidup kita dari otot-otot yan tegang dan bahwa senyuman lebih mampu mencegah ketegangan otot dibandingkan dengan wajah yang muram. Humor adalah tanda bahwa anda dapat mengatasi stres dengan baik.
Ø  Harga diri: yaitu persoalan menyukai diri sendiri, dapat menerima diri sendiri apa adanya menerima kekurangan dan kelebihan serta bangga pada diri kita setiap kita melakukan usaha secara berhasil..
Ø  Perubahan: kita mempu mempertahankan perspektif suatu peristiwa dan melihat manfaat dari perubahan serta kerugian dari tidak adanya perubahan, merasa bergairah dan tertantang untuk mencoba hal-hal yang baru.
Ø  Dialog internal (berbicara kepada diri sendiri): yaitu apa yang kita katakan kepada diri kita secara fleksibel, adaptif, rasional, positif dan berorientasi solusi.


BAGAIMANA JIKA ANDA HIDUP BERSAMA ORANG PEMBAWA STRES?
Karakteristik dari seorang pembawa stres yaitu pesimis dan negatif, suka mencari kambing hitam, sedikit sekali rasa tanggung jawabnya, menggunakan teknik pengendalian stres yang menyimpang, tergantung, agresif dan abusif, defensif, tidak seimbang dalam gaya hidupnya. Cara menghadapi orang yang mempunyai karakteristik seperti itu antara lain:
-        anda harus tegas; pastikan kepentingan anda terpenuhi dan tetapkan batasan-batasannya.
-        Berlatihlah dengan teknik-teknik pengendalian stres yang efektif.
-        Pern penolong adalah sangat konstruktif.
-        Berhati-hatilah aga tidak menjadi korban atau mengambil peran ‘jaksa penuntut’


SUMBER BANTUAN DALAM MENANGANI STRES
v Memilih konselor
v Memilih psikolog
v Kursus, loka karya dan seminar-seminar tentang pengendalian stres
Disini anda bisa mendapatkan saran yang bersifat pribadi dan bantuan lain yang berhubungan dengan problem pribadi atau masalah pekerjaan.
v Darurat
Jika dalam keaadaan genting di tengah malam, maka pelayanan seperti Lifeline merupakan sumber dukungan dan bantuan yang sangat bagus.
v Obat-obatan
Obat dengan resep dokter untuk stres mungkin hanya akan efektif dalam jangka pendek. Namun jika digunakan untuk periode lama maka ada bahaya ketergantungan fisiologis dan psikologis terhadap obat-obatan tersebut. Jika dokter atau psikiater memberiikan obat untuk mengatasi stres diskusikanlah terlebih dahulu dengan mereka dan hubungilah psikolog klinis yang dapat membantu anda dalam menerapkan teknik self-helf.
v Psikoanalisis jangka panjang
Secara umum, psikoanalisis jangka panjang hanya menghambur-hamburkan waktu, energi dan uang. Masih banyak teknik-teknik lain yang membantu orang-orang stres jauh lebih efektif.
v Orang-orang pinggiran
Selalu ada orang yang ingin mendapatkan uang dari orang –orang yang secara emosional menderita. Beberpa dari mereka mungkin memang berkemampuan, tetapi yang lain umumny gadungan. Banyak teknis yang mereka gunakan, antara lain psikoanalisis jangka panjang, yang dapat menimbulkan ketergantungan kepada mereka. Beberapa teknik yang digunakan orang pinggiran ini dapat sangat berbahaya, pastikan bahwa anda sudah teliti sebelum menggunakan jasa mereka.

1 komentar: